Thursday, July 17, 2014

Nasi Kebuli, Kambing Goreng dan Acar

Bosan dengan menu masakan yang biasa saya sajikan jika ada arisan keluarga, saya jadi kepikiran untuk membuat nasi kebuli untuk pertemuan keluarga bulan depan. Kebetulan keluarga besar saya penyuka daging kambing, rasanya cocok menu ini jika saya hidangkan. Satu kebetulan lagi, saya baru di oleh-olehin Saffron dari sahabat saya yang baru pulang umroh. Sempurna kan ?

Karena saya belum pernah membuat nasi kebuli sebelum nya, saya harus mencoba nya dulu sebelum hari H. Sabtu pagi kemarin saya sudah hunting daging kambing ke pasar, ini pertama kali saya membeli daging kambing mentah.

Mungkin karna masih pagi saya beruntung mendapatkan daging kambing muda yang masih fresh, jadi walaupun saya tidak meng-ungkep daging kambing nya dalam daun papaya, daging kambing sudah lembut dan terasa juicy ketika di masak.

Tapi saran saya, untuk jaga-jaga jika tidak mendapatkan daging kambing yang muda, alangkah baik nya kita mempersiapkan daun papaya sebelum mengolah daging kambing.
Nasi Kebuli, Kambing Goreng dan Acar
Untuk resep saya ambil dari beberapa resep hasil googling yang saya modifikasi sedikit. Sebagai pelengkap saya membuat kambing goreng dan acar. Resep kambing goreng saya karang sendiri, yaitu dengan menggunakan bumbu si nasi kebuli.

Setelah di jajal dan di cobain ke orang satu rumah dan beberapa rumah tetangga, semua mengatakan Oke. Siiipp deh kalau begitu bulan depan di acara arisan menu nasi kebuli Confirm untuk di hidangkan.


Bahan-bahan :
  • ½ kg daging kambing potong sesuai selera
  • ½ kg beras basmati, rendam dengan air selama 30 menit, tiriskan ( saya menggunakan beras biasa)
  • 100 cc tomat parut
  • 10 buah cengkeh
  • 6 buah kapulaga
  • 3 batang kayu manis
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • 3 sdt minyak samin
  • Safran (kalau gak pake juga gak apa2)
  • 750 ml air panas
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu, haluskan:
  • 1 bawang bombay ukuran sedang
  • 10 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 3 sdt ketumbar bubuk
  • 1½ sdt jinten bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
Nasi Kebuli, Kambing Goreng dan Acar
Nasi Kebuli, Kambing Goreng dan Acar

Cara Membuatnya :
  1. Panaskan 2 sdt minyak samin. 
  2. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu tambahkan bumbu halus, cengkeh, kapulaga dan kayu manis.
  3. Tumis sampai harum.
  4. Masukkan daging kambing, masak sambil diaduk sampai air dari daging kambing habis dan keluar minyaknya.
  5. Tambahkan air panas, masak dengan api kecil sampai daging kambing setengah empuk.
  6. Masukkan jus tomat dan safran. Aduk sebentar sampai pasta tomat larut, lalu masak kembali dengan api kecil sampai daging kambing empuk.
  7. Tumis sebentar beras dengan 1 sdt minyak samin. Masukkan beras dalam rebusan daging kambing. Masak dengan api kecil menit sampai asat.
  8. Lalu pindahkan ke dandang, kukus hingga matang. Angkat dari api dan siap untuk disantap bersama pelengkapnya.

Note : Recipe taken from ioflife.com
Disqus Comments