Thursday, April 23, 2015

Resep seblak basah pedas

Nah...kali ini kita akan nyoba resep seblak basah pedas..ehmm...Cerita dulu ya...Seblak adalah salah satu makanan yang berasal dari kerupuk mentah yang sengaja dibantatkan atau dilunakan yang sangat populer dari kota bandung dan cimahi . yah , lagi lagi makanan atau camilan yang cukup unik hadir lagi dari kota bandung . makanan atau camilan yang terkenal dengan sebutan seblak ini memang memiliki rasa yang enak dan pedas . sangat cocok jika disajikan menjadi camilan saat nonton tv atau kumpul bersama kerabat .

Versi seblak asli sebenarnya adalah seblak basah pake telor yang tebuat dari kerupuk mentah yang direndam di air panas terlebih dahulu . namun karena begitu banyak penggermar seblak , seblak pun disulap menjadi berbagai macam variasi dan kreasi . dan seperti perkembangan seblak yang sekarang sedang tren dan populer adalah seblak kering setan super pedas . seblak basah sendiri juga sudah banyak macam bentuk dan variasinya .

Dari seblak ceker , seblak mie , seblak kerupuk mie , seblak jamur , seblak tulang sapi , seblak tulang ayam , seblak makaroni , seblak bakso , seblak batagor , seblak sosis pedas , seblak seafood seperti udang cumi , seblak kombinasi dan sebagainya . memang begitu banyak aneka kreasi seblak yang tersaji . anda tinggal pilih saja seblak mana yang akan anda sajikan untuk camilan dirumah .

Rasa gurih dari bumbu dengan campuran seblak sendiri juga sangat bermacam-macam . dari rasa manis , rasa sedang , rasa pedas atau rasa pedas gila yang terkenal dengan seblak basah setan . banyaknya pilihan rasa yang dihadirkan seblak sehingga anda tidak akan bosan menikmati rasa enak dan kreasi yang dihadirkan oleh seblak . ehmm nyumi , sangat cocok disajikan untuk keluarga yang penyuka pedas .

Resep seblak basah pedas

Nah untuk anda yang ingin menyicipi rasa pedas enak nikmat yang dihadirkan oleh seblak , anda tidak harus ke bandung atau kecimahi loh ? karena anda dapat membuat seblak yang enak special komplit dengan tambahan sosis dan bakso nya dirumah . selain enak dan nikmat , dalam pembuatan seblak sendiri juga dapat dibilang cukup mudah . nah untuk anda yang ingin membuatnya silahkan simak resep seblak basah pedas komplit nya dibawah ini :

Bahan-bahan Resep seblak basah pedas :
  • Kerupuk aci kuning atau putih 250 gram (yang biasa dipakai untuk nasi uduk atau nasi goreng )
  • Secukupnya air panas (untuk merendam kerupuk aci )
  • Air 100 mili liter
  • Telur 2 butir (dikocok lepas )
  • Sosis 1 batang (dipotong sesuai selera )    
  • Bakso 2 butir (dipotong sesuai selera )    
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh    
  • Daun bawang 1 batang (diiris halus )    
  • Minyak 4 sendok makan (digunakan untuk menumis bumbu halus )


                  Bumbu halus resep seblak basah pedas nich :
                  •     Asam jawa 1 sendok makan
                  •     Cabe rawit atau cabai keriting 10 buah ( tergantung selera pedasnya )
                  •     Tomat merah 1 buah
                  •     Bawang merah 3 siung
                  •     Bawang putih 1 siung
                  •     Kencur 1/2 ruas
                  •     Gula pasir 1/2 sendok teh ( atau menururut selera )
                  •     Garam halus 1/4 sendok teh ( atau menurut selera )


                  Cara membuat seblak basah pedas nich :
                  1. Pertama-tama rebus air terlebih dahulu , kemudian masukkan kerupuk , tunggu sampai mendidih lalu tiriskan.
                  2. Setelah itu masukkan kerupuk kedalam air yang dingin.
                  3. Kemudian tumis cabe , bawang merah , kencur dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi sampai wangi.
                  4. Tambahkan air setengah gelas , kemudian tambahkan gula pasir , air asam jawa , garam , sosis dan bakso yang sudah dipotong-potong tadi.
                  5. Terakhir tambahkan kerupuk , aduk hingga rata, lalu masak sampai bumbu meresap , lalu tambahkan kocokan telur yang sudah disiapkan tadi . aduk rata , lalu sajikan

                  Nah.... ada beberapa tips dan trick rahasia dalam membuat seblak yang enak dan lezatnya . misalnya jika anda tidak suka dengan rasa asam , anda boleh tidak memakai air asam jawa dalam pembuatan seblaknya . dan mungkin anda dari tadi bertanya-tanya yah , kok ada kencur didalam bahan seblaknya ? nah perlu anda ketahui bun atau sist , kencur sangat baik digunakan agar tidak sakit perut saat menikmati makanan pedas seperti seblak .

                  Terus.... bahan lain seperti telur , bakso dan sosis adalah bahan tambahan agar lebih terasa komplit makyus . karena pada resep aslinya , seblak tidak menggunakan bahan tambahan tersebut . untuk anda yang sangat suka legit , anda boleh juga loh menambahkan sedikit kecap manis dan gula merah . agar seblak yang anda buat lebih terasa enak , gurih dan mantap .

                  Buat kamu yang suka pedas , anda juga dapat menambahkan merica bubuk dalam bumbu seblak nya . agar rasa pedasnya semakin nampol , sedap , lezat dan makyus . nah itu dia bahan-bahan , cara pembuatan dan beberapa tips dalam pembuatan seblak . cukup mudah bukan ?

                  Opsss...kalau minum es doger makin maknyus nich :) ...silahkan di tengok juga Resep Es Doger Jakartanya ya...
                  Disqus Comments